Kades Bulang, Prambon, Mutasi Perangkat Desanya Demi Tingkatkan Kinerja Pemerintahan

Sidoarjo – Mutasi perangkat desa kembali dilakukan di wilayah Kecamatan Prambon, Sidoarjo, tepatnya di desa Bulang. Pemutasian atau pemindahan posisi jabatan pada perangkat desa tersebut dimaksudkan untuk lebih memaksimalkan kinerja pemerintah desa.

Sebagaimana disampaikan oleh H. Abdul Qodir, Kades Bulang, saat memberikan sambutan pada prosesi pelantikan yang berlangsung di pendopo balai desa, Rabu (07/03/2018) siang.

“Mutasi ini semata mata untuk meningkatkan kinerja pemerintahan desa Bulang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bukan bermaksud lain, karena hal ini merupakan kewenangan saya selaku Kepala Desa yang berhak memantau dan mengevaluasi kinerja anak buah,” kata Abdul Qodir.

Ketika ditanya usai acara apakah pemutasian itu ada tendensi lain seperti unsur suka atau tidak suka? Kades Bulang ini menjawab tegas bahwa hal tersebut murni didasarkan hasil evaluasi kinerja yang bersangkutan selama ini.

“Jika pada posisi semula kita nilai tidak mampu, maka akan dipindah ke posisi lain dan penilaian itu dilakukan sejak awal dilantik dulu,” terang Abdul Qodir.

Pada kegiatan tersebut, hadir Camat Prambon, Ainun Amalia, S.Sos. Dalam sambutannya, Ibu Camat nan rupawan itu menyampaikan dengan tegas bila pemutasian perangkat desa adalah hak seorang Kepala Desa.

“Telah saya utarakan dalam berbagai kesempatan mengenai hal ini. Pemutasian atau pemindahan posisi jabatan perangkat desa merupakan kewenangan penuh seorang Kepala Desa yang lebih dekat, lebih mengetahui keseharian etos kerja perangkatnya. Pihak kecamatan bahkan kabupaten pun tidak berhak untuk itu,” tegas Ainun Amalia.

Selain itu, lanjut Ainun, pemutasian dilakukan melalui proses evaluasi kinerja sejak awal bertugas dahulu. ” Jika dipandang seorang perangkat desa tidak cakap di posisi jabatannya semula, Kepala Desa berhak dan wajib mencarikan posisi lain yang dianggap lebih tepat. Begitu seterusnya, bisa dimutasi kembali. Itu semua demi peningkatan kerja pemdes,” tandas Ainun.

Sementara itu, perangkat desa yang dilantik dan dimutasi yakni, Bambang Istiawan, dari semula menjabat Kasi Pemerintahan berpindah ke Kaur Perencanaan. Sedangkan Suyit, kini menjabat sebagai Kasi Pemerintahan yang sebelumnya menjadi Kasi Perencanaan.

Prosesi pelantikan tersebut dihadiri juga oleh unsur Forkopimka Prambon yakni, Wakil Danramil Prambon serta Kanit Reskrim Polsek Prambon yang masing masing mewakili atasannya. (git)

Bagikan berita ini
561 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *