Jelang Pemilu 2019 DPC Gerindra Surabaya Memantapkan Pembekalan Bakal Calon Anggota Legislatif  2019 (BACALEG)

Surabaya – DPC  Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Surabaya  menggelar pembekalan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Nur Pasific, Jalan Raya Gubeng 37, Surabaya, Sabtu (12/5).Pagi.

Salies Aprilianto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) mengungkapan, pada Pemilihan legislatif 2019, Gerindra mencanangkan target yang realistis berdasarkan pada perkembangan situasi yang ada Kita ingin kemenangan yang direncanakan,” ucapnya.

Untuk mewujudkan kemenangan itu,
Gerindra telah menyusun segala strategi, dimulai dari penjaringan para caleg, pembekalan hingga fit and proper sebelum diserahkan ke KPU.

Dipaparkan Salies bahwa jumlah caleg yang mendaftar di Partai Gerindra telah memenuhi persyaratan. Hanya saja, untuk kuota perempuan masih membutuhkan tambahan. “Kuota perempuan masih sedikit, nanti ditambah lagi hingga nanti 70-80 bacaleg,” ujarnya.

Sementara Kali ini, yang mengikuti pembekalan bacaleg sekitar 53 dan akan bertambah lagi nantinya namun untuk kuota bacaleg dari perempuan masih sedikit dibutuhkan tambahan lagi sekitar 70 sampai 80 bacaleg, sedangkan untuk target 50 bacaleg yang didaftarkan.

“Jadi target kami sangat realitis dan akan berusaha di setiap Dapilnya minmal merebut 3 kursi,” Katanya. ditemui disela-sela acara pembekalan Bacaleg Partai Gerinda Kota Surabaya di rumah makan nur pasific jalan raya gubeng surabaya.

Untuk memenuhi target tersebut, Pihaknya akan mengambil langkah-langkah teknis dengan melakukan konsolidasi mulai tingkat pengurus PAC terdiri dari ketua dan seketaris, Bacaleg dan Bappilu akan berperan aktif yang memiliki data-data statistik untuk semua itu, dan sekarang dengan metode sunlilgt.

“Selain itu kami juga melakukan simulasi dimana dalam pergerakan-pergerakan kami di setiap kecamatan dan ranting kedepannya akan semakin masif,” Ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Surabaya, Nurul Amalia  mengatakan, bahwa persyaratan pendaftaran bakal calon anggota legilatif tidak jauh dari pemilu sebelumnya. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya juga masih menunggu PKPU baru.

“Saat ini ketentuan yang digunkan PKPU No. 7 tahun 2013 tentang pencalonan,” cetus  perempuan berjilbab ini.

Ditambahkan Nurul, dalam PKPU diatur secara detail kriteria bakal calon anggota legislatif. Sebelumnya, bacaleg yang menjadi tersangka masih dimungkinkan untuk mendaftar, dengan catatan harus mengumumkannya di media terlebih dahulu.

“Tetapi jika berkaitan dengan kejahatan seksual, korupsi, para aktifis menghendaki tak bisa mendaftar agar kredibilitasnya lebih bagus,” ucapnya  Nurul.

Nurul memperkirakan, PKPU baru yang mengatur pencalonan akan keluar pada bulan ini. Pasalnya, mulai bulan Juli mendatang sudah mulai dibuka pendaftaran. Sesuai tahapan, 1-2 Juli pengumuman pembukaan pendaftaran, pengajuan calon 4- 17 Juli, proses verifikasi 5- 18 Juli, penyampaian hasil verifikasi 19- 21 Juli,

“Kemudian perbaikan daftar caleg 22- 31 juli. Sedangkan Daftar Calon sementara akan diumumkan 12- 14 Agustus dan penetapan Daftar Calon Tetap, 20 September.(TH)

Bagikan berita ini
18 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *