Ir Bambang Haryo S : Paham Radikalisme Terorisme Bisa Diredam Dengan Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan

Sidoarjo, LensaNasional.co.id – Semakin terbukanya masyarakat dalam memahami makna isi 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika diyakini mampu meredam berbagai gerakan radikal terorisme yang marak belakangan ini.

Hal tersebut disampaikan Ir Bambang Haryo S kepada LensaNasional.co.id usai lakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di desa Junwangi, Kecamatan Krian, Sidoarjo, (02/06/2018).

Menurut anggota MPR RI dari Fraksi Gerindra ini, sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertujuan mengajak masyarakat tetap bersatu dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang bermaterikan penjabaran tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika adalah panduan wajib dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan sangat penting dalam menekan paham radikal terorisme. “Radikalisme terorisme kalau kita cermati sekarang ini tak lagi memandang agama. Justru korban terbanyak dari umat muslim. Jadi jangan dikaitkan gerakan tersebut identik dengan umat muslim atau Islam, ujar Bambang.

“Target kami seluruh unsur desa di wilayah Sidoarjo menyebar luaskan tentang pentingnya makna 4 pilar kebangsaan kepada keluarganya, kerabat dan lingkungan sekitarnya. Selama 25 kali kami terjun mensosialisasikan 4 pilar ini, respon luar biasa kami dapatkan dari masyarakat,” tambahnya.

Di sisi lain, Kades Junwangi Kecamatan Krian, Syatra Ikhsandra menandaskan tentang pentingnya sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada masyarakat agar memahami dan mempraktekkannya dalam kehidupan keseharian.

“Saya yakin sekali, masyarakat terutama warga desa Junwangi ini sangat merespons kegiatan ini hingga diharapkan nantinya mampu memperkuat lagi ideologi kebangsaan mereka. Bukan ideologi radikalisme,” tutur Syatra Ikhsandra.

Pada kegiatan itu, hadir pula pakar komunikasi dari Universitas Dr Soetomo Surabaya, Prof Sam Abede Pareno dan anggota DPRD Sidoarjo Fraksi Gerindra, H Matali serta pengurus dan kader Gerindra se Sidoarjo, tokoh masyarakat Junwangi. (git/hans).

Bagikan berita ini
12 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *