Guna Memantau Harga Gabah Agar Tak Anjlok, KODIM 0816 Sidoarjo Terjunkan Tim Serapan Gabah Petani (SERGAP)

Sidoarjo – Tim Serapan Gabah Petani (SERGAP) bentukan Kodim 0816 Sidoarjo bekerjasama dengan pihak Bulog Subdrive Surabaya Utara pada Selasa lalu (27/02) membeli gabah kering panen (GKP) milik petani di dua desa yakni, Wonoplintahan, Prambon dan Janti, Tarik.

Dipimpin langsung oleh Sersan Sutris, prajurit bintara Operasional SERGAP dan didampingi unsur dari Dinas Pangan dan Pertanian, Sidoarjo, memperoleh hasil maksimal yakni mampu menyerap gabah kering panen sebanyak 15 ton dengan harga sesuai HPP, Rp 4.220/kg.

Menurut Sersan Sutris, tujuan dibentuknya SERGAP ini untuk mengecek langsung dilapangan harga gabah petani saat musim panen agar tidak anjlok dan dibeli murah oleh para tengkulak

“Tujuan utama Sergap dari Kodim 0816 Sidoarjo ini diharapkan mampu menstabilkan harga gabah agar tidak mengalami penurunan,” ujar Sersan Sutris.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan peninjauan ke tempat penggilingan padi, UD Sahabat Tani, di desa Wilayut, Sukodono, guna melihat langsung ketersediaan mesin pengering padi dan kondisi lantai penjemur gabah.

Penggilingan padi di tempat tersebut sedianya akan digunakan oleh Kodim 0816 Sidoarjo sebagai mitra dalam program SERGAP demi mencukupi kebutuhan hasil panen padi untuk masyarakat. (git)

Bagikan berita ini
135 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *