Dicecar Soal Atasi Kemiskinan Saat Jadi Wagub, Ini Jawaban Gus Ipul

Surabaya – Terkait pertanyaan yang dilontarkan oleh Khofifah Indar Parawangsa tentang ketimpangan kemiskinan, Syaifullah Yusuf ( Gus Ipul ) menangkisnya dengan beberapa jawaban berbeda.

“Pertanyaan seperti ini sudah sering kami dengar saat saya pertama kali dilantik sebagai Wakil Gubernur di 2009 silam. Kemiskinan turun 16,9 persen. Lalu baru melambat pada 2014 yang turun 11,2 persen,” jawab Gus Ipul.

Bahwa kebijakan tentang mengatasi ketimpangan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab Wakil Gubernur semata. Gubernur memiliki peran penting dalam upaya itu karena yang menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk mengatasinya.

“Hal itu juga tergantung pada Gubernurnya. Namun untuk mengatasi kemiskinan didesa, sektor pertanian harus tumbuh baik dan kedepan saya ingin itu ditingkatkan,” papar Gus Ipul.

Khofifah pun lantas menanggapi jawaban Gus Ipul tersebut. Menurutnya, selama menjadi Menteri Sosial dulu, koordinasi tim penanggulangan kemiskinan di setiap provinsi dipegang oleh Wakil Gubernur.

Namun dengan cantik hal tersebut dijawab oleh Gus Ipul. ” Mengatasi kemiskinan dan ketimpangan adalah agenda pertama kami. Kalau saya ditanya sebagai ketua tim penanganan kemiskinan, hal itu tak bisa sendirian karena tergantung pada Gubernur. Nggak bisa menentukan sendiri.Anggaran ditentukan oleh Gubernur,” sanggah Gus Ipul. (fik/git)

Bagikan berita ini
23 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *