Di Bulang, Prambon, Pagelaran Wayang Kulit Dan Tari Ngremo Meriahkan Tradisi Ruwatan Desa

Sidoarjo – Gemulai gerakan disertai gemerincing hentakan kaki dua penari remo membuat ratusan pasang mata penonton yang memadati halaman pendopo balai desa Bulang, Kecamatan Prambon tak berkedip sama sekali. Terpukau oleh gerakan lugas khas tari remo yang malam itu diperagakan oleh grup tari Manunggal Laras dari Jombang.

Malam itu, Sabtu (05/05/2018) masyarakat desa Bulang, Prambon, dimanjakan oleh tontonan pertunjukan kesenian wayang kulit dan tarian ngremo dalam rangka acara ruwatan desa yang rutin diselenggarakan oleh jajaran pemerintah desa Bulang saat bulan Ruwah tiba. Sebuah tradisi yang berusaha dilestarikan oleh hampir sebagian besar desa di Sidoarjo.

“Kegiatan semacam ini akan tetap kami lestarikan. Mengingat hal tersebut merupakan warisan tradisi yang mengandung nilai nilai luhur dari para leluhur khususnya leluhur desa Bulang ini. Sekaligus juga sebagai pengingat bahwa sebagai bangsa kita memiliki tradisi budaya yang tak kalah dengan budaya dari luar. Ke depan, saya berharap tradisi ruwat desa ini tetap dilestarikan hingga ke generasi berikutnya,” ucap Abdul Qodir, Kades Bulang.

Pada kegiatan tersebut, hadir pula segenap pejabat Forkopimka/Muspika Kecamatan Prambon yakni, Ainun Amalia, Camat Prambon, Kapten Inf. Sanusi, Danramil Prambon, AKP Isharyata, Kapolsek Prambon serta sejumlah Kepala Desa se Kecamatan Prambon. (git)

Bagikan berita ini
11 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *