Debat Putaran Kedua Pilgub Jawa Timur 2018 Dengan Tema Ekonomi dan Pembangunan Di Gelar Di Dyandra Convention Center Surabaya

Surabaya – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), menggelar debat publik kedua (2) pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, yang akan dilangsungkan di Dyandra Covention Centre mulai pukul 19.30 hingga Rp 22.00 WIB, Selasa (8/5).

Choirul  Anam, Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim mengatakan debat publik kedua dengan tema ‘Ekonomi dan pembangunan’ dijadwalkan sama dengan lokasi debat pertama, yakni di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Lokasi tersebut dipilih karena dianggap paling representatif.

“Seperti pada debat perdana, pelaksanaan penyambutan tamu VIP maupun massa pendukung relatif kondusif,” katanya Choirul  Anam, saat Media Gathering di Kantor KPU jawa timur, Surabaya, (7/5).Pagi.

Choirul  Anam menjelaskan, debat publik kedua Pilgub Jatim ini akan mengangkat tema berbeda, yakni terkait dengan permasalahan ekonomi dan pembangunan Jawa Timur

“Namun demikian setelah melakukan rapat koordinasi dengan media partner, tim paslon dan pihak kepolisian. Posisi panggung  akan di balik dari posisi debat pertama,” katanya.

Dalam debat publik tersebut, KPU Jatim akan menggandeng media tv partner yakni  Kompas tv dan Metro Tv, serta beberapa stasiun televisi nasional dan lokal.

“Dalam debat kedua nanti, akan ada empat panelis dengan latar belakang keilmuan berbeda-beda. Mereka ini yang menggodok materi debat putaran kedua nanti,” katanya.

Keempat tim panelis tersebut adalah Rektor Universitas Jember Mohammad Hasan, Arif Hoetoro, Nuhfil Hanan AR, yang masing-masing dari Universitas Brawijaya Malang, kemudian Nurul Barizah dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Mereka yang bertugas memberikan soal kepada para kandidat saat debat,” ujarnya.

Sebelumnya, Debat Publik perdana Pilgub Jatim 2018 membahas kesejahteraan rakyat Jatim, yang digelar pada Selasa, 10 April 2018. Debat terdiri dari sub judul di antaranya kebijakan di bidang pendidikan, bidang kesehatan, ketenagakerjaan, keagamaan, sosial dan udaya, kebijakan sosial kemasyarakatan serta konflik sosial, ideologi hak asasi manusia (HAM), serta perempuan.

Sebelum dilakukan debat paslon, akan dilakukan sterilisasi dekat pintu kaca. Paslon yang datang dengan pendukungnya  akan terskreening. Sesuai jatah, 150 tim pendukung akan masuk arena debat dan berbaur dengan lainnya.

Sedangkan, 30 orang akan masuk ruang VIP  paslon. “Untuk tim ahli akan standby di belakang panggung. Untuk seluruh undangan diberikan bendera merah putih sebanya 600 sampai 700 biji yang disediakan panitia,” ucapnya.

Dan bendera paslon dipersiapkan sebanyak 200 biji untuk masing-masing paslon. Sebelum digelar debat, akan dilakukan  kegiatan pra debat untuk  persiapan.

Untuk mendukung debat  dengan mengusung tema ekonomi dan  pembangunan, desain panggung sengaja dibuat sebagus mungkin, dengan moderator Aiman Witjaksono dan Aviani Malik.  Mereka yang duduk di tim panelis debat di antaranya adalah Drs Hasan, Rektor Universitas Jember,
Prof Nuhni Hanani , guru besar ekonomi  Universitas Brawijaya dan lainnya.

Untuk debat kali ini, berkaitan dengan bidang pertanian, perkebunan dan perikanan, UMKM dan lainnya.

 “Kami ingin paslon menyampaikan program kerja ekonomi dan pembangunan. Untuk debat kali ini terbagi dalam enam segmen, di antarnya debat terbuka  antar cawagub dan  segmen  6 terakhir adalah debat terbuka antar paslon dan closing statement.(TH)

Bagikan berita ini
9 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *