BPKH Fokus Melakukan Efisiensi Pelayanan Kepada Calon Jamaah Haji

Surabaya – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerjasama dengan lkatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Tantangan Pengelolaan Keuangan Haji di Hotel Bumi Surabaya,Jum‘at, 25 Mei 2018.
Kegiatan ini selain dihadiri Pengurus ISEI Cabang Surabaya, Pengurus MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Jawa Timur, dihadiri juga oleh sekitar 150an undangan dari Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan lbadah Haji (BPIH) dihadiri juga oleh Plt. Kepala Badan Pelaksana BPKH, Dr. Anggiio Abimanyu dan anggota Badan Pelaksana BPKH Bapak Rahmat Hidayat. Hadir juga dalam kegiatan ini Asosiasi Travel. Akademisi di Jawa Timur, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Bank lndonesia serta para Undangan media.

FGD ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan pegelolaan keuangan haji. Sebagaimana undang-undang, Pengelolaan Keuangan Haji harus berasaskan pada: Prinsip Syariah; Prinsip Kehait-hatian Memberi Manfaat Prinsip Nirlaba Transparan; Akuniabel. Pengelolaan Keuangan Haji bertujuan untuk meningkatkan.

Di sisi lain, Anggito juga membeberkan bahwa investasi pada instrumen yang aman dan optimal serta ikut juga tengah dipertimbangkan oleh BPIH. “Itu adalah prioritas jangka pendek untuk menjawab tantangan pengelolaan keuangan haji,” jelasnya

Sebagai informasi, Asosiasi Travel dan akademisi di Jawa Timur serta OJK (Otorifas Jasa Keuangan) juga perwakilan Bank Indonesia turut hadir dalam diskusi.
BPKH telah mendukung Kemenag untuk melakukan Pembayaran operasional Haji dan Pengembalian BPIH Khusus kepada travel-travel Haji. BPKH juga dirugaskan melakukan Pengadaan mata uang Reyal untuk Operasional Haji di Arab Saudi.

Saat ini. BPKH sedang melakukan penjajagan Investasi di Surar Berharga Syariah Negara dan lnvestasi Langsung di Hotel dan Katering di Arab Saudi.

Pada even ini. BPKH juga akan bekerjasama dengan ISEl Surabaya dan MES Jawa Timur serta dengan dunia Akademik dan Ormas dalam hal melaksanakan kajian-kajian rentang keuangan haji, pelaksanaan program-program kemaslaharan pemberdayaan umar dengan dukungan salah safunya dari prodi keuangan syariah yang inline dengan program BPKH tersebut.(TH)

Bagikan berita ini
16 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *