Di Kampung KB Ini Warga Diajarkan Bukan Hanya Ber-KB Tapi Juga Menata Lingkungan

Di Kampung KB Ini Warga Diajarkan Bukan Hanya Ber-KB Tapi Juga Menata Lingkungan

Lensanasional.co.id – Tak dipungkiri dibawah kepemimpinan Samsul Huda, pelan tapi pasti Desa Cemeng Bakalan berubah ke arah yang lebih baik. Hal itu bisa dilihat dari megahnya kantor pemerintah desa. Begitu elok, mirip kantor instansi perbankan.

Bukan itu saja, perubahan nyata juga terlihat dari banyaknya akses jalan kampung yang telah dipavingisasi. Berbeda jauh dengan era kepemimpinan sebelum Samsul Huda.

Satu hal menarik lain di Desa Cemeng Bakalan adalah Kampung KB. Terletak disebelah timur desa atau berbatasan dengan markas Yon Kavaleri.

Sejak dibentuk pada 2017 silam, Kampung tersebut (Kampung KB) telah memiliki kader sebanyak 20 orang. “Dari 20 orang kader itulah nantinya diharapkan dapat memberikan pencerahan pada warga lainnya disitu agar memahami dan mendukung aktif keberadaan Kampung KB,” tutur Samsul Huda di ruang kerjanya, (11/2/2019).

Kampung KB merupakan bentukan Pemkab bersama Pemdes Cemeng Bakalan yang tidak hanya fokus pada masalah populasi jumlah keluarga saja tetapi juga memberikan pengarahan dan motivasi untuk hidup sehat dengan menata lingkungan keluarga serta sekitar. Intinya, mengarah pada segala aspek kehidupan,”tambah Samsul.

Memang benar, dari pantauan dilokasi sepanjang masuk ke Kampung KB suasana terasa begitu asri. Lingkungan tertata rapi. Hal tersebut menunjukkan bahwa program yang digagas Samsul Huda bersama Pemkab Sidoarjo itu sukses. Mendapat dukungan penuh warga.

“Alhamdulillah masih berjalan hingga sekarang. Bagi kader di Kampung KB sejumlah 20 orang kami berikan honor yang telah dianggarkan dari desa,” pungkas Pak Kades Cemeng Bakalan ini.

Desa yang dipimpin Samsul Huda ini masuk wilayah Kecamatan Kota, Sidoarjo. Di era kepemimpinannya hingga sekarang telah meraih sejumlah prestasi diantaranya yakni juara 1 se Sidoarjo untuk kategori desa dengan pengelolaan keuangan terbaik. (sigit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *