Prajurit Antap dan PNS Kodiklatal Gelar Kauseri Agama Islam

Prajurit Antap dan PNS Kodiklatal Gelar Kauseri Agama Islam

Surabaya, (6/2) Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, Ratusan prajurit Anggota Tetap (Antap) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Komando pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) menggelar Kauseri Agama Islam yang dipusatkan di Masjid Ibadurohman Kesatrian Bumioro Kodiklatal.

Kauseri agama Islam yang dilaksanakan sesudah apel pagi tersebut disampaikan oleh Letkol Laut (KH) Aminnudin yang sehari hari bertugas sebagai Kama Personil Pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal.

Adapun tema yang disampaikan adalah keutamaan Sholat Tahajud.
Dalam ceramhnya Laut (KH) Aminnudin menyampaikan bahwa setiap muslim pasti ingin mendapat predikat muslim sejati di mata Allah? Hal ini pula mungkin yang selalu dipikirkan oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

Sehingga tak jarang mereka selalu melakukan kewajiban serta sunnah secara sempurna, salah satunya adalah sholat tahajud yang banyak dilakukan oleh kaum muslim di seluruh dunia.

Sholat tahajud sendiri adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Tak jarang banyak orang yang mengerjakannya di kala terbangun di tengah malam. Anda pun bisa mengerjakannya paling sedikit dua rakaat dan sebanyak-banyaknya, tak ada batasan. Waktu paling mustajab untuk melaukan shalat tahajud sendiri adalah sepertiga malam.

Dimana para malaikat turun ke bumi dan Allah mengabulkan setiap doa hamba-Nya.

Adapun manfaat sholat tahajud adalah Jaminan Masuk surga. Hal ini sesuai Sabda Rasulullah Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka jaminan surga baginya. sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat, “ (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Manfaat lainya adalah mendapatkan keringanan di hari akhir nanti. Bahwasanya setiap orang pastinya mempunyai catatan dosa dan pahala yang akan diterima di akhirat. Apabila catatan amalnya lebih banyak, niscaya surga tempatnya. Namun bila sebaliknya, sudah barang tentu neraka adalah tempat yang tepat. Bagi kaum muslim yang taat, shalat tahajud bisa menjadi media untuk mendapatkan keringanan ketika dihisab di akhirat. Allah akan memberikan keutamaan ini kepada mereka yang memohon ampun dan berdoa di sepertiga malam.

Sedangkan manfaat berikutnya adalah penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa. Sholat tahajud adalah ibadah yang selalu dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini mendekatkan diri seorang manusia kepada pencipta-Nya, Allah SWT. Bisa dibilang sholat tahajud mampu menjadi media penghapus dosa seseorang. Mereka pun pastinya memperkuat iman dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar maupun kecil.(TH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *