POKKEM Komunitas Pecinta Sepeda Tua Hadir Di Prambon

Lensanasional.co.id – Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Demikian kira kira yang ingin diwujudkan oleh komunitas pecinta sepeda tua yang muncul di wilayah Kecamatan Prambon Sidoarjo atau Paguyuban Onthel Kedung Kembar (POKKEM).

Komunitas yang berdiri beberapa bulan lalu itu sejak dibentuk telah memiliki anggota sebanyak 43 orang. Mayoritas berasal dari Desa Kedung Kembar, sisanya dari desa luar sekitar.

Meski tergolong baru, POKKEM tidak kalah dalam hal merek sepeda. Tercatat merek sepeda tua keluaran masa kolonial misalnya, BSA, SIMPLEX, NORMAN, HUMBER, MISTER dan PHILIPS dimiliki anggota.

“Sepeda tersebut kami peroleh selain dari peninggalan orang tua juga didapat dari hasil perburuan kami ke pelosok Jatim,” ucap Achmad Jupriyanto, Pelindung POKKEM yang juga Kades Kedung Kembar.

POKKEM sendiri telah terdaftar di KOSTI Jatim. Diketuai oleh Cak Kandar, dalam kegiatannya POKKEM ternyata telah mempunyai jam terbang lumayan tinggi.

“Kami telah ngonthel bersama ke berbagai tempat seperti Mojokerto, Surabaya dan wilayah Sidoarjo sendiri seperti, Patung Budha Tidur, Candi Pari hingga ke Jembatan Cinta, Citra Harmoni Trosobo. Kegiatan itu kami lakukan setiap minggu pagi,” terang Jupriyanto, (10/01/2019).

Ditambahkan, tujuan dibentuk POKKEM pada dasarnya beranjak dari keinginan untuk melestarikan sepeda tua sekaligus mengenang masa tempo doeloe. Jamannya kakek buyut.

“Selain untuk kesehatan tubuh, dengan bersepeda tua seperti ini kami serasa merasakan atmosfer masa lalu mbah kita yang hidup di masa kolonial penjajahan dulu sekaligus untuk memupuk kekompakan dan kebersamaan diantara sesama amggota POKKEM,” pungkas Jupriyanto.

Satu komunitas menarik. Saat dimana banyak orang lebih suka dan bangga dengan bergowes sepeda mutakhir seperti sepeda balap atau sepeda gunung. POKKEM hadir dengan semangat melestarikan barang peninggalan masa silam. Tak malu mengayuhnya menyusuri jalanan. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *