Website ITS Terbaik Tiga Anugerah Humas PTN Kemenristekdikti

Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, berhasil meraih juara terbaik tiga dalam kategori pelayanan informasi melalui internet (Website). Gelar juara tersebut diberikan pada malam Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), bertempat di Universitas Diponegoro (UNDIP), Kamis (3/1).

Agenda Anugerah Humas PTN dan LLDikti ini merupakan salah satu momen bergengsi bagi setiap Humas PTN di Indonesia dan juga sebagai wujud apresiasi yang diberikan oleh Kemenristekdikti untuk kinerja Humas PTN selama ini.

Pada tahun ini Anugerah Humas PTN dan LLDikti diselenggarakan di kota Semarang, dan merupakan agenda kedua yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2017. Ada tiga kategori yang dilombakan dan dinilai dalam Anugerah Humas PTN tersebut. Yaitu meliputi kualitas pelayanan informasi melalui internet (website), media sosial, dan hubungan media. Sedangkan pada Anugerah Pengelola Lapor!, aspek yang dinilai adalah kuantitas pengaduan, penyelesaian, dan rata-rata tindak lanjut.

Pada kelompok lomba Anugerah Humas PTN diikuti oleh beberapa kategori PTN yaitu PTN Badan Hukum (PTN-BH), PTN Badan Layanan Umum (BLU) atau Satuan Kerja, dan PTN Baru serta Politeknik. PTN tersebut dilombakan berdasarkan masing-masing status PTN tersebut, sehingga perlombaan berjalan lebih adil.

Kepala Unit Protokoler, Promosi dan Humas ITS, Dr Dra Melania Suweni Muntini MT mengatakan, dalam kategori pelayanan informasi melalui internet (Website), ITS bersaing dengan 11 PTN-BH yang ada di Indonesia dan mendapatkan posisi ketiga. Pada posisi pertama ditempati oleh Universitas Gadjah Mada, posisi kedua ada Universitas Padjajaran dan ITS menempati posisi ketiga.

“Kemenangan website ITS bukan hanya tentang desain dan isi saja, tetapi juga dinilai dari jumlah yang mengakses laman resmi ITS tersebut. Hal ini menjadi tantangan bagi kita (ITS) untuk terus meningkatkan kualitas agar website ITS makin banyak dikunjungi masyarakat luas,” paparnya.

Pada perlombaan yang diselenggarakan Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik (KSKP) Kemenristekdikti ini juga melibatkan juri yang independen dan kompeten, yaitu Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Lembaga Adita Irawati, Digital Strategis Nukman Luthfie, dan Anggota Persatuan Humas serta Founder Nagaru Communication Dian Agustine Nuriman.

“Saya berharap humas PTN dan LLDikti semakin berkualitas. Pemberian anugerah ini juga diharapkan mendorong insan kehumasan PTN dan LLDikti untuk berkarya lebih kreatif. Harapannya, PTN dan LLDikti terpilih dapat memotivasi humas lainnya untuk berkiprah lebih baik lagi,” ujar Kepala Biro KSP Nada Marsudi.

Serta berdasarkan siaran pers resmi dari Kemenristekdikti yang diterima oleh Humas ITS, Presiden Joko Widodo juga menginstruksikan kepada humas kementerian dan lembaga nonkementerian, serta BUMN untuk transparan dan cekatan dalam pelayanan informasi, terutama yang berkaitan dengan capaian maupun terobosan pemerintah.

Informasi yang kemas haruslah mudah dipahami, menarik, dan menyentuh hati masyarakat. Kemenristekdikti termasuk PTN dan LLDikti, melalui fungsi kehumasannya, berupaya memberikan layanan informasi terbaik kepada seluruh stakeholder dan masyarakat.(TH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *