Caleg DPRD Provinsi Bali Ini Bertekad Jadikan Pulau Dewata Tetap Agamis Tak Terkikis Budaya Turis

Lensanasional.co.id – Mengusung misi ingin mewujudkan masyarakat Bali yang demokratis dengan perekonomian yang berkerakyatan dan berkeadilan serta turut mencerdaskan bangsa, Ida Ayu Putri Saruti (31th), bertekad bulat maju dalam Pilcaleg April 2019 nanti.

Memiliki DPT Nomor urut 3 dari Dapil 7 Kabupaten Karangasem, Bali, caleg dari Partai Garuda ini membidik posisi sebagai anggota DPRD Provinsi Bali.

Ibu satu anak kelahiran 6 Agustus 1987 ini bisa dibilang memiliki beberapa program visi unggulan. Diantaranya yakni, pembenahan sektor pendidikan, kesehatan dan problem lingkungan.

Program lain yang menarik adalah membantu mengembangkan masalah peterbakan dan pertanian demi menjadikan Bali nantinya mempunyai aneka jenis bibit unggul berkelas dunia. Selain juga konsen kepada sektor konservasi hutan lindung dan kelautan.

Terlahir dari pasangan Ida Pedanda Gede Nyoman Buruan (Ayah) dan Ida Pedanda Istri Gunung (Ibu), Ida Ayu Putri Saruti tergolong berasal dari kalangan agamis Bali. Caleg dari Partai Garuda ini sekarang menekuni profesi pengusaha dibidang penjualan perlengkapan alat alat upacara agama Hindu (Yajna).

Ketika ditanya soal derasnya turis asing yang masuk ke Bali dengan membawa pula gaya hidupnya yang dikhawatirkan berdampak pada budaya Bali, Ida Ayu Putri Saruti dengan cerdas menjelaskan bahwa hal itu tidak akan berpengaruh terhadap masyarakat Bali.

“Kami telah memiliki pedoman untuk mengantisipasinya yaitu dengan didasarkan pada Tri Hita Kharana atau hubungan dengan Tuhan. Hubungan manusia dengan manusia dan dengan lingkungannya. Dimana hubungan manusia dengan manusia itu menyangkut tentang berbudi bahasa, berbusana sopan dan santun yang kesemuanya telah terangkum dalam awig awig desa adat pekraman dengan rutin mengadakan pesraman ditiap desa pekraman,” tutur Ida Ayu.

Menurutnya lagi, “Hal itu nanti akan lebih saya intensifkan lagi kelak jika terpilih demi menjaga kelestarian nilai nilai budaya dan tradisi Bali yang adiluhung dan dikagumi dunia,” ucap Ida Ayu kepada Lensanasional.co.id lewat interview seluler (2/12/2018).

Meski berasal dari partai baru (Partai Garuda), Ida Ayu Putri Saruti tak gentar sedikitpun. Tetap semangat dan optimis melaju meraih asa menjadi anggota DPRD Provinsi demi Bali yang lebih sejahtera. (Hans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *