Warga Desa Jati Alun Alun, Prambon Terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Sidoarjo, – Belasan warga Desa Jati Alun Alun Kecamatan Prambon (07/11/2018) terlihat serius mendengar arahan dari Pak Kades dan Tim Pendamping Desa. Mereka adalah warga yang berjumlah 14 orang penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

BSPS merupakan program dari Provinsi Jawa Timur yang difokuskan untuk membantu permasalahan mendasar yang dialami warga pedesaan dimana program yang diterima oleh warga Jati Alun Alun tersebut adalah kali kedua.

Dalam arahannya dihadapan warga penerima, Anshori, Kades Jati Alun Alun mengharap agar program kali ini dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan ketelitian terutama menyangkut perincian beaya yang dikeluarkan untuk rehab rumah.

Kepada Lensanasional.co.id, Kades Jati Alun Alun itu menyampaikan bahwa seluruh warga penerima bantuan merupakan hasil survey dari Tim Pendamping Desa BSPS Kabupaten Sidoarjo.

“Ya. Setelah semua data kita ajukan, Tim Pendamping Desa BSPS melakukan survey ke sejumlah warga untuk mengecek layak tidaknya menerima bantuan BSPS. Jadi bukan dari kami yang mengarahkan mereka,” ucap Anshori.

Anshori juga menghimbau kepada warga penerima agar selalu konsultansi dengan Tim Pendamping agar uang yang diterima tersebut mencukupi untuk keperluan renovasi rumah.

“Nanti Tim yang akan mengarahkan tentang pelaksanaannya agar bantuan sebesar Rp 15 juta itu tidak muspro. Dalam arti tercukupi. Tidak kurang,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim Pendamping Desa BSPS yang dipimpin oleh Nandi Wardana turut menjelaskan beberapa poin syarat penerima bantuan. “Penerima BSPS diantaranya selama 10 tahun terakhir ini belum pernah menerima bantuan apapun baik dari desa, kabupaten maupun provinsi. Berpenghasilan upah minimal dibawah UMR Kabupaten,” terang Nandi.

Sebagaimana diketahui, Desa Jati Alun Alun pada BSPS tahap dua ini menerima kucuran bantuan berupa uang sebesar Rp 15 juta untuk 14 warga. Bamtuan itu kali ini difokuskan untuk beaya pembangunan renovasi rumah dengan target perbaikan atap rumah. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *