Atraksi Mercon Pemain Ludruk Bikin Acara Ruwat Desa Jatikalang Meriah

Sidoarjo – Sebagaimana desa desa lain di Kabupaten Sidoarjo, desa Jatikalang Kecamatan Prambon pada bulan Ruwah ini juga melaksanakan kegiatan ruwat desa. Bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya peninggalan leluhur, kegiatan ruwat desa dipuncaki dengan pertunjukan ludruk yang malam itu (06/05/2018) mengambil lakon Warok Surogento.

Tontonan memikat ditampilkan oleh para pemain ludruk dari Balong bendo, Sidoarjo ini. Adegan kocak ditambahi atraksi mercon mampu membuat gelak tawa masyarakat Jati Kalang yang malam itu tumplek blek hadir di halaman balai desa tempat panggung ludruk berada.

Sebelum pentas dimulai, Kades Jatikalang, Didik K, menjelaskan bahwa sengaja kali ini dipilih pertunjukan ludruk karena keinginan warga sendiri.

“Saya sebagai Kades hanya manut saja dengan permintaan warga tersebut. Toh itu semua demi kemeriahan acara ruwat desa ini sekaligus untuk memupuk kegotong royongan dan keguyuban antara sesama masyarakat Jatikalang ini sebagaimana yang telah diajarkan.oleh para leluhur dulu,” ujar Didik.

Sebelum itu, pada pagi harinya digelar acara kenduri makanan berupa makan bareng bersama dimana masing masing warga menyumbangkan aneka menu makanan untuk disantap bareng di sepanjang jalan desa secara lesehan.

Hadir pada malam acara tersebut, Camat Prambon, Ainun Amalia, Danramil Prambon, Kapten Inf Sanusi, Kapolsek Prambon, AKP Isharyata beserta sejumlah tokoh masyarakat dan unsur lembaga desa Jatikalang. (git)

Bagikan berita ini
7 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *