Agustin Iriani, Camat Krian Sidoarjo: ” Ruwat Desa Atau Sedekah Bumi Itu Memiliki Fungsi Sosial dan Religi”

Sidoarjo – Saat menyampaikan sambutan dalam acara gebyar ruwatan desa atau sedekah bumi di desa Sedengan Mijen, Jumat (27/4/2018) Camat Krian, Agustin Iriani, dengan gamblang membeberkan tentang makna dan tujuan diselenggarakannya acara tradisi budaya tersebut.

“Sejatinya ada dua hal terkait diselenggarakannya acara ruwatan desa atau sedekah bumi ini. Kedua hal itu adalah fungsi sosial dan fungsi religi. Fungsi sosial mencakup beberapa poin seperti wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Wujud kegotong royongan dan alat pemersatu antar sesama warga,” tutur Agustin.

Sementara itu, lanjutnya, “Tradisi ruwatan desa ini juga memiliki fungsi religi diantaranya mendoakan kepada para leluhur desa. Mendoakan kepada pemerintah desa dan penyelenggara pemerintahan desa agar selalu mendapatkan petunjuk dari Allah swt di dalam mengambil kebijakan serta dijauhkan dari permasalahan”.

Bu Camat yang akrab dengan awak media ini memang selayaknya berbangga sebab di wilayah yang dipimpinnya, Kecamatan Krian, termasuk salah satu wilayah yang paling meriah untuk perhelatan acara bertema budaya, religi dan kebangsaan.

Sebagaimana terlihat saat gebyar acara ruwatan desa atau sedekah bumi di desa Sedengan Mijen. Ribuan masyarakat tumplek blek menyemut di lapangan desa tempat berlangsungnya acara.

“Saya sangat mengapresiasi kreatifitas Pak Kades beserta jajaran pemerintahan desanya dan masyarakat Sedengan Mijen yang telah menggelar acara ini. Membuat tumpeng tempe raksasa yang sangat sesuai dengan ikon desa ini sebagai sentra UKM tempe,” ujar Agustin Iriani. (git)

Bagikan berita ini
13 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *